Kamis, 30 Juli 2009

Tapsel Lagi Musim Durian...


Sudah hampir 2 bulan daerah Tapsel dibanjiri buah durian , khususnya Kota Padangsidimpuan. Buah yang berasal dari berbagai pelosok di daerah Tapsel menebar di tiap sudut kota. Para penjual menawarkan harga dari 5 ribu sampai 15 ribu perbijinya. Bagi penggemar buah durian harga tersebut sebanding dengan rasanya yang mmmmhh...menggugah selera. Atau bagi kamu yang hobby dan sempat untuk hunting kamu bisa jalan-jalan sore sambil memburu durian dilokasi tertentu yang merupakan lumbung durian, tentunya dengan harga yang jauh lebih miring dari harga pasaran. Salah satunya adalah diperbatasan Pemko Tapsel dengan Pemkab Angkola Selatan yaitu dari Hanopan hingga Situmbaga. Atau kalau kamu mau, telusuri deh hingga ke daerah Aek Natas menuju Danau Siais. Disekitar lokasi tersebut banyak para penjual durian musiman yang menjajakan durian. Buah durian tersebut berasal dari kebun mereka sendiri, tetapi ada juga sebagian yang mengumpulkan dari beberapa petani dan mengangkutnya ke kota. Nah kalau kamu langsung, harganya bisa berdamai hingga setengah harga dari pasaran. Contohnya untuk buah durian yang harga 10 ribu di kota, dipenjual langsung bisa kamu dapatkan dengan harga 4 - 5 ribu rupiah saja. Lebih untung bukan?
Tips untuk memilih buah durian yang masak, pertama cobalah ambil lidi atau kayu kecil, kemudian gores-goreskan kedurinya. Kalau suaranya nyaring berarti dia sudah masak, atau lihatlah bentuk durinya. Kalau pertumbuhan durinya sudah maksimal boleh kamu ambil. Tapi cara terbaik tentu saja dengan menciumnya. Kalau ada aroma menyengat, itu artinya sudah masak. Tapi hati-hati... salah-salah bisa hidungmu yang tergores.
Buah durian juga sama dengan buah salak. Artinya ada yang enak dan ada yang tidak. Rasanya bisa manis, tawar, dan sedikit pahit. Jangan heran kalau buah durian dari Sumatera memang mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu sedikit rasa pahit tapi itupun tidak semua durian. Tidak sama dengan durian Monthong dari Thailand. Selain dimakan begitu saja masyarakat Tapsel biasanya menikmatinya dengan lemang atau bahkan dijadikan lauk untuk makan. Sudah pernah coba? Rasanya enak lho, bisa bikin ketagihan Nah..Sudah siap berburu durian? Ayo kita kemooooon....


Catatan :
Lemang : ketan yang dimasak dengan santan menggunakan bambu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut